Senin, 09 Januari 2012

Etika Profesi Akuntansi


1.      Definisi Etika
Kata Etika berasal dari bahasa Yunani “Ethos” – “ta etha” yang berarti adat – istiadat. Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat. Etika berkaitan dengan nilai – nilai, tatacara hidup yang baik,aturan hidup yang baik dan segala kebiasaan yang dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang lain atau dari satu generasi ke generai lain. 
Etika (ethics) juga dapat berarti moral sedangkan etiket (etiquette) berarti sopan santun. Etika dan etiket mempunyai persamaan dan perbedaan.

2.      Definisi Profesi                                                                                                                    
     Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian khusus. Pengertian profesi tersebut adalah pengertian profesi pada umumnya, sebab disamping itu terdapat pula yang disebut sebagai profesi luhur, yaitu profesi yang pada hakikatnya merupakan suatu pelayanan pada manusia atau masyarakat. Sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya.

3.      Definisi Etika Profesi Akuntansi
Keiser dalam (Suhrawardi Lubis, 1994: 6-7), etika profesi adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan profesional terhadap masyarakat dengan ketertiban penuh dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat. Tujuan profesi akuntansi adalah memenuhi tanggung jawabnya dengan standar profesionalisme tertinggi, mencapai tingkat kinerja tertinggi dengan orientasi kepada kepentingan publik.
Untuk mencapai tujuan tersebut terdapat 4 kebutuhan dasar yang harus terpenuhi :
1. Kredibilitas.
    Masyarakat membutuhkan kredibilitas informasi dan sistem informasi.
2. Profesionalisme.
    Diperlukan individu yang dengan jelas dapat diidentifikasikan oleh pemakai jasa    akuntan sebagai professional di bidang akuntansi
3. Kualitas jasa.                                                                                                 
    Terdapatnya keyakinan bahwa semua jasa yang diperoleh dari akuntan diberikan   dengan standar kinerja tinggi.
4. Kepercayaan. 
     Pemakai jasa akuntan harus dapat merasa yakin bahwa terdapat kerangka etika profesioanal yang melandasi pemberian jasa oleh akuntan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar