Senin, 14 Mei 2012



LAPORAN SEMINAR
Mewarnai ICT Masa Depan Melalui Penguasaan Sistem Informasi Akuntansi
Diselenggarakan Oleh : Universitas Gunadarma, 27 April 2012      
Pembicara : Muhammad Ismail Thalib dan Dr. Untara
RINGKASAN PRESENTASI SEMINAR (ZAHIR ACCOUNTING SOFTWARE)
Zahir accounting pertama kali dibuat pada tahun 1996 dan pada tahun 1997, mulai dikembangkan versi 2.0 dan mulai dipasarkan pada tahun 1999. Zahir Accounting telah digunakan lebih dari 2000 perusahaan kecil maupun perusahaan besar dengan 6000-an user di Indonesia, telah memperoleh beberapa penghargaan di tingkat nasional. Aplikasi ini dibangun dengan konsep bahwa akuntansi keuangan adalah mudah dan menggunakan aplikasi akuntansi keuangan adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan, bahkan oleh pengguna yang baru mulai mempelajari komputer dan akuntansi.
Zahir Accounting adalah sebuah program akuntansi berbahasa Indonesia, yang mudah digunakan, berkualitas dan berdaya guna tinggi, dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Software yang penuh dengan inovasi ini dirancang untuk pengguna yang tidak mengerti akuntansi, karena dalam proses penginputannya sangat mudah digunakan dan desain tampilan (interface) program yang menarik, hanya dengan sekali menginput transaksi semudah kita menginput kwitansi atau nota pejualan, seluruh laporan dan grafik akan terbentuk secara otomatis.
Saat menggunakan software ini pengguna yang melakukan penginputan tidak perlu takut salah karena sebagian besar input transaksi yang dilakukan pengguna menggunakan formulir yang mudah dipahami dan sering ditemui dalam keseharian, pengguna juga tidak perlu bingung mana yang debet dan mana yang kredit, karena  program akan bekerja secara otomatis.
Zahir dapat digunakan dalam berbagai bidang usah,antara lain: usaha dagang dan distribusi, ritel, jasa, kontraktor, manufaktur  dan usaha non profit.
Produk – produk Zahir meliputi :
1.    Zahir POS Versi 5.1                                                                                                                   Zahir POS Versi 5.1 adalah software point of sale yang simple dan mudah digunakan . Zahir POS Versi 5.1 ini terdiri dari beberapa fitur antara lain: Penjualan tunai dan kredit, menampilkan gambar produk, impor export melalui internet, mencatat nama pelanggan, nama kasir, transaksi item barang dengan serial number, desain struk penjualan, serta tersedia pilihan bahasa yaitu, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan Database Firebird.
2.      Zahir Report Server Versi 5.1                                                                                                    Zahir Report Server Versi 5.1 adalah aplikasi web based, yang memungkinkan pengguna untuk melihat laporan dan grafik yang dihasilkan oleh Zahir Accounting melalui internet dengan menggunakan web browser. Zahir versi ini memiliki beberapa fitur  antara lain: menu login password, laporan dan grafik favorit, grafik analisa, reminder, export laporan ke PDF dan HTML serta Bahasa Indonesia.
3.      Zahir Payroll Versi 1                                                                                                           Versi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan data karyawan dan penggajian secara mudah dan praktis. Penghitungan gaji dilakukan secara otomatis sehingga memudahkan perusahaan untuk mengetahui berapa total gaji yang dikeluarkan pada periode tertentu.
4.      Zahir Merdeka                                                                                                                              Perusahaan dapat menggunakan Zahir Accounting tanpa harus membeli paket berharga mahal, cukup membeli CD Starterkit dan Voucher Pra Bayar, mulai Rp 34 ribu per 30 hari transaksi (Termasuk PPN) .
5.      Zahir Small Business Accounting Versi 5.1                                                                 Berguna untuk pembukuan sederhana, mengelola uang, piutang, tagihan dan pelaporan dengan harga sangat terjangkau.
6.      Zahir FlexyMoney Versi 5.1                                                                                                        Berguna untuk  pembukuan praktis dan lengkap, yang mengelola uang, giro, piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat.                            
7.      Zahir FlexyTrade Versi 5.1                                                                                                  Berguna untuk pembukuan praktis dan lengkap, mengelola uang, persediaan barang dagangan, piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat.
  1. Zahir Accounting Personal Versi 5.1                                                                              Berguna untuk usaha yang menerima order dengan sistem proyek, mengelola dan menghitung penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha advertising, kontraktor, dll.
  2. Zahir Accounting Standard Versi 5.1                                                                      Memberikan kemudahan dalam mengelola proyek, menghitung penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha kontraktor, realestate, pabrik kecil, ritail, dll.
  3. Zahir Enterprise Versi 5.1                                                                                                             Menggunakan database Client Server dengan berbagai fasilitas baru seperti multi level pricing, salesman commission, laporan yang dapat didesain, laporan dapat di drill down untuk menampilkan detail laporan, dll.   
Manfaat  dan Keunggulan Zahir :
·         Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lainnya.
·         Mempermudah pembukuan, dimana seluruh jurnal akuntansi dan laporan keuangan dibuat secara otomatis tanpa perlu mengerti teori akuntansi yang mendalam.
·         Mempermudah Anda dalam mengambil keputusan bisnis, karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan, seperti analisa rasio, break even point analysis, berbagai grafik dan laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.
·         Dengan segala kelebihannya, Zahir Accounting Software lebih tepat disebut 'business management software'.
·         Software akuntansi lainnya hanya dirancang untuk mencatat jurnal transaksi, membuat laporan laba rugi dan laporan neraca, yang hanya mudah digunakan oleh mereka yang mengerti teori akuntansi, Zahir Accounting mudah digunakan oleh siapa saja.
·         Kemudahan Dalam Bahasa yang di sertaki bahasa Indonesia dalam sehari-hari.
·         Kemudahan Dalam Penggunaan tanpa ribet dan simple.
·         Sistem Akuntansi Berstandar Indonesia dengan sistem double entry.
·         Kemudahan mencetak faktur pajak dan standar.
·         Memiliki Nilai transaksi sebanyak 15 digit.
·         Memiliki Fasilitas Giro Mundur
·         Harga Murah. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar